Diduga Lontarkan Ucapan Rasis, Chen EXO Dikecam Fans

Rabu, 18 April 2018 - 09:30 WIB
Diduga Lontarkan Ucapan Rasis, Chen EXO Dikecam Fans
Diduga Lontarkan Ucapan Rasis, Chen EXO Dikecam Fans
A A A
SEOUL - Salah satu personel EXO, Chen, menjadi objek bulan-bulanan kecaman fans dan warganet setelah diduga melakukan rasisme saat sedang mengikuti siaran langsung. Kejadian itu terjadi ketika pria berusia 25 tahun itu sedang terlibat sebuah permainan dan bercanda dengan dua kompatriotnya, Baekhyun dan Xiumin, di acara Saturdays Also.

Dalam acara itu, Baekhyun kemudian memakaikan lipstik berwarna gelap di bibir Chen. Aksi itu membuat bibir Chen jadi terlihat lebih besar dan tebal.

“Aku jadi mirip Michol,” kelakar Chen seperti dikutip Aceshowbiz.

Michol adalah karakter fiktif dari kartun Dooly the Little Dinosaur produksi Korea Selatan. Kartun itu sering dikritik sebagai karikatur blackface.

Tak berhenti di situ, Chen juga menyebut dirinya mirip Kunta Kinta, karakter utama di mini seri Roots yang dirilis pada 1977. Kunta Kinta adalah budak yang diambil dari negaranya dan dipaksa bekerja di Amerika. Serial televisi itu diangkat dari novel Roots: The Saga of an American Family karya Ale Haley pada 1976 dan menjadi simbol pemberdayaan orang kulit hitam.

“Ini bukannya Kunta Kinta?” ujarnya.

Sementara, terjemahan bahasa Inggris untuk ucapannya itu tertulis, “Bibirku terlihat tebal sekali.” Ini kemudian memicu debat di antara para fansnya apakah pria bernama asli Kim Jongdae itu mengucapkan pernyataan rasis itu atau tidak.

“Apakah Jongdae bilang Kunta Kinte? Ada yang bilang tidak, jadi tolong kasih tau saya kalau saya salah dengar,” tulis seorang fans di Twitter.

Penggemar lain yang membela Chen mengatakan, fan itu salah dengar. “Sederhana saja. Kamu salah dengar dan semua orang mengira yang dia bilang itu karena mereka mendengar apa yang mereka mau dengar. Di sini, saya merasa menyesal bagi semua orang yang mengira seperti itu,” papar dia.

Sejumlah fans saling serang satu sama lain akibat pernyataan Chen itu. Sementara, sejumlah lainnya memilih menyingkir dari boyband itu karena komentar kontroversial tersebut.

“Fans yang meninggalkan Jongdae dan EXO karena masalah ini, pergilah. Itu keputusan kalian. Ini mengecewakan karena sebagai fans kalian harusnya tahu dan memahaminya. Apa yang dia katakan itu memang tidak benar tapi meninggalkan orang yang kalian cintai seperti itu?” kata salah satu dari mereka.

Sejumlah orang mengklaim bibir Kunta Kinta adalah istilah slang untuk bibir tebal di Korea Selatan. Namun, penggemar EXO—EXO-L—berencana membantu Chen menyadari bahwa referensi seperti itu adalah penghinaan.

“Di Korea Selatan, bibir kunta kinta adalah istilah slang untuk bibir tebal. Ini sudah ada selama bertahun-tahun. Karena banyak EXO-L yang keewa, ketahuilah kalau seorang KEXOL akan bertemu Chen dan menjelaskan padanya tentang situasi itu dalam sebuah surat. Ayo, satukan EXO-L, kita ini satu,” beber seorang EXO-L.

Bukan kali ini saja personel EXO harus berhadapan dengan fansnya sendiri akibat ucapan yang dianggap menghina. Sebelumnya, personel lain boy band itu, Suho, juga menjadi bulan-bulanan kecaman akibat pernyataannya yang dianggap melecehkan pasien sakit mental. (Baca Juga: Singgung Pasien Sakit Mental, Suho EXO Dihujat Fans dan Warganet )
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5604 seconds (0.1#10.140)